Pages

Thursday, July 23, 2015

Gunung Taruwongso


Taruwongso mungkin belum cukup dikenal oleh warga Sukoharjo secara keseluruhan. Untuk itu, Artikel ini saya mulai dengan sedikit perkenalan tentang taruwongso. Taruwongso adalah nama sebuah gunung yang terletak d
i Desa Tengklik, Kecamatan Tawangsari. Selain Pesona alam yang menarik perhatian pelancong, Taruwongso juga memiliki nilai sejarah yang bagi saya sendiri saya anggap luar biasa. Cerita dari kakek kami bahwa konon Orang pertama yang menemukan Gunung Taruwongso bernama Banjaran. Banjaran adalah seorang pangeran keturunan dari selir Majapahit. Beliau Berkelana hingga akhirnya menetap di Gunung Taruwongso. Menurut sumber yang saya baca, pangeran banjaran masih saudara dengan Orang pertama di Gunung Majasto (Gunung yang dikenal karena di tempat tersebut, warga mengubur jenazah hanya dengan kedalaman tanah setengah meter). Maka sering pula disebutkan oleh beberapa orang, bahwa Taruwongso dan Majasto adalah bersaudara.

Masyarakat sekitar taruwongso cukup damai dan semakin berkembang. Dilihat dari letak geografisnya, Taruwongso cukup Strategis. Jalan Raya Tengklik menyambungkan antara Weru, Cawas, Kelir dengan Sukoharjo Kota. Bahkan, jalan yang menyambungkan Tengklik-Bulu kini sudah sering dilewati Bus dengan tujuan mengambil jalan Pintas.

Pemukiman disekitar taruwongso tidak terlalu padat, sehingga masih banyak lahan luas yang dapat digunakan menjadi tempat bertani. Walaupun kenyataannya banyak juga warga yang membiarkan lahannya kosong begitu saja, karena mereka lebih suka merantau ke luar Kota. Dari sudut pantau ini, sepertinya pemerintah kurang memberikan perhatian. Saya sendiri mengelu-elukan adanya program dari Pemerintah Kabupaten untuk memberikan penyuluhan serta bantuan baik Skill maupun Materi agar Masyarakat Sukoharjo dapat berdikari di tanah kelahiran sendiri, dan bukan merantau mencari uang di kota orang. Saya kira Pemerintah harus punya solusi, selain menyuruh warganya untuk bertani tentunya. Karena bertani tidak terlalu menghasilkan disaat ini.

Perkembangan Taruwongso sendiri dilihat dari segi pembangunan memang sangat cepat. Dilihat dari jalan ke Gunung yang sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor. Baru-baru ini, Pembangunan kembali dilakukan dengan pengadaan Air bersih. Air bersih didapatkan dengan mengebor di daerah kaki Gunung. Salut buat Taruwongso!!

0 comments:

Post a Comment