Pages

Thursday, August 27, 2015

Benarkah ada gambar tokoh Bima di langit?


Teman-teman, tahukah kenapa galaxy kita dinamakan Galaxy Bima Sakti??.Siapakah gerangan yang memberi nama itu,beliau adalah Bp.Ir.Soekarno Presiden tercinta kita yang pertama.

Soekarno lah orang pertama yang melakukan penamaan pada Galaksi kita, mulanya Soekarno pada kunjungannya ke Observatorium Bosscha, Lembang Bandung. Soekarno diperlihatkan sebuah citra atau foto Galaksi Milky Way tiba-tiba entah dari mana decak kagum Presiden Pertama kita itu melontarkan kata “Bima Sakti”, menurut Soekarno pusat hitam pada Galaksi Milky Way itu seperti menggambarkan bayangan hitam dengan aura cemerlang dan menggambarkan sesosok tokoh pewayangan yaitu Bima Sakti.

Dulu waktu kecil aku pernah dikasih tahu ayah bahwa ada sebuah pemandangan menakjubkan di langit.Aku sungguh penasaran,pemandangan menakjubkan apakah gerangan yang dimaksud ayahku.

Di suatu malam yang cerah sekitar jam 10 malam, Ayah mengajakku keluar rumah menuju halaman dan saatnya dia akan menunjukkan apa pemandangan yang dimaksud tadi.

Aku disuruh duduk di tempat yang lega dan memastikan tidak ada sesuatu yang menghalangiku menatap ke arah langit.Aku memang melihat kondisi langit saat itu sangat cerah mekipun tidak nampak adanya bulan akan tetapi langit terlihat sangat berbinar dengan bermunculannya bermilyar bintang ,hanya di hiasi kabut tipis tapi sebenarnya itu adalah barisan bintang yang tak terhitung jumlahnya sehingga tampak seperti pasir yang bertebaran di pantai dlm hati aku berpikir apakah itu yang dinamakan gugusan bintang galaxy bima sakti.

Bima Sakti,itulah dua kata yang sedari kecil mengundang tanya dalam benakku.Kenapa dinamakan Bima Sakti,kenapa tidak Arjuna Sakti,Gathotkaca Sakti atau nama tokoh pewayangan yang lain..hmm,aneh.

Suatu ketika waktu saya sedang bersama ayah,inilah saat yang tepat untuk meminta jawaban dari ayah atas rasa penasaranku selama ini."Ayah,kenapa ada nama Galaxy Bima Sakti di atas langit sana??"tanyaku pada Ayah.

Ayahpun tersenyum dan menjawab,"Iya nanti akan ayah tunjukkan kenapa ada Bima Sakti di langit sana".

Malam ini adalah waktunya semua rasa penasaranku terjawab."Coba kamu liat keatas sana" perintah ayah membuyarkan lamunanku.Kudongakkan kepalaku ke atas dan kusapu semua sudut langit akan tetapi tidak kutemui apa yang kucari disana."lihatlah baik baik dan fokuskan pandanganmu pada gugusan bintang itu"sahut ayah sambil tangannya menunjuk ke arah gugusan bintang yang seperti kabut .Akupun menuruti apa yang dikatakan ayahku,kali ini aku lebih tajam melihat ke arah gugusan bintang itu,lagi lagi belum kutemui apa yang ku maksud,mana gambar Bima Saktinya??

"Lihatlah satu titik bintang diarah selatan itu dan ikuti arah kabut yang menghubungkannya dengan satu titik bintang di arah utara"Ayah mulai memandu pandanganku."setelah kamu sudah ketemu dua bintang yang berjauhan itu,coba lihatlah ditengah-tengah jarak kedua bintang itu terdapat gugusan bintang dengan dibatasi titik-titik bintang yang ukurannya lebih besar di sisi luarnya"lanjut ayah terus memanduku.

Dan benar saja aku mulai sedikit terlintas ada gambar seperti ular naga yang sedang dicengkeram oleh tangan yang sangat  kuat.Aku tambah penasaran dan terus kuikuti panduan dari ayah.

Subhanallah..kini terjawab sudah semua rasa penasaranku.Terpampang jelas dilangit perwujudan gagah persis tokoh pewayangan Bima atau Bratasena yang sedang mencengkeram ular naga yang sedang membelitnya,kedua kukunya memegang moncong naga tersebut seperti hendak merobeknya..

Titik bintang di sebelah selatan ternyata adalah ujung rambut sang Bima dan titik bintang sebelah utara adalah ujung ekor ular naga sedangkan gugusan bintang di tengah-tengahnya adalah tubuh kekar dari sang Bima Sakti.

Terimakasih ayah sudah mengobati rasa penasaranku selama ini..sekarang aku tau kenapa galaxy kita diberi nama Bima Sakti.

Mahabesar Allah yang sudah menciptakan Galaxy ini dan terimakasih sudah menciptakan sebuah perwujudan tokoh Bima di langit yang luas dan tentunya bisa dinikmati setiap manusia dipenjuru bumi ini,artinya simbol jawa sudah diakui oleh alam semesta.....

Monggo..rekan-rekan yang belum bisa melihatnya,silahkan jika saat malam cerah dan langit penuh dengan bintang Sang Bima tentu terlihat gagah di langit..luangkanlah waktu, saksikanlah...

Maturnuwun...

0 comments:

Post a Comment